Hallo Kungfu-mania[c]!

Karate Uchi-Ryu (上地流空手) boleh dibilang unik di antara perguruan karate lainnya. Sebab, tekniknya yang paling dekat dengan kungfu. Ini juga diakui oleh berbagai perguruan karate dan kalangan karateka. Gerakannya pun juga tidak sekaku karate, ada perpaduan dengan unsur lembutnya. Ya, dari perspektif sejarah beladiri, inilah karate yang bisa dikatakan otentik yang sangat terlihat pengaruh beladiri China.

Dalam wikipedia, teknik Uchi-Ryu sebenarnya didominasi oleh salah satu aliran kungfu selatan yang sudah sukar ditemui aslinya, yaitu Pangainun. Namun pendirinya, Kanbun Uechi (上地完文), merujuk Uchi-Ryu pada Pukulan/Tinju Belalang Sembah Selatan. Dasar gerakannya berasal dari tiga hewan, yaitu naga, macan, dan bangau. Namun, beberapa kuda-kuda, postur tubuh, dan sebagian tekniknya menyerupai dengan belalang sembah selatan. Bahkan, unsur Taizu Quan dan Bangau Putih Fukkien juga nampak dari gerakan-gerakannya.

Uechi-san yang asal Okinawa itu, juga sempat membuka sekolah di Provinsi Nanjing, sebelum akhirnya pulang ke kampung halamannya dan membuka sekolah di sana. Sebelumnya, Uechi-san berguru pada Zhou Zi He di Fuzhou, Fukkien, China, pada usia 20 tahun.

Yuks, kita lihat!

Mengenal Uechi-Ryu

Kata Sanchin: Tahan Nafas…Buk!!!