“A warrior is a man of action, guided by reason, and motivated by love” (J. Hoban)

Khabar baik!!! Karena besarnya animo masyarakat untuk mempelajari kungfu tradisional China Selatan bernama wingchun, Kungfu Shaolinshe Naga Putih akhirnya membuka kelas wingchun mulai 12 Agustus 2009.
Tapi, dengan peserta yang terbatas!

Apa sih wingchun itu?
Wingchun adalah beladiri asal China Selatan yang gerakannya didominasi oleh tangan (sekitar 75%) dan kaki (sekitar 25%). Fokusnya pada kepraktisan dan efisiensi serangan melalui garis-pusat- lurus, dengan jarak rapat (close combat). Dulunya, beladiri ini merupakan salah satu teknik dari Shaolin khusus untuk teknik perempuannya.

Hmmm…boleh liat gak contohnya?
Film Ip-Man yg diperankan oleh Donnie Yen sangat representatif utk menggambarkan wingchun. Jika mau melihat aplikasi wingchun melawan pertarungan keroyokan, silakan klik ini dan jika ingin melihat pertarungan wingchun melawan beladiri China utara, silakan klik ini. Kami sendiri juga sedang mengembangkan website-nya. Doakan semoga lekas jadi!

Latihannya di mana n kapan?
Latihan wingchun Naga Putih setiap Sabtu, pukul 16.00-19.00 di Komp. Tebet Mas Indah Blok C no. 16, Jln. Tebet Barat Dalam Raya, Jakarta Selatan. Tapi jika izin tempat di Aula SD Yasporbi I Pancoran sudah keluar, kami akan pindah di sana. Untuk itu, jangan lupa kontak kami sebelumnya jika ingin berkunjung.

Iurannya berapa? Jangan mahal-mahal donkz!
Ngertilah Untuk tingkat Dasar 1, biaya pendaftaran hanya Rp150rb dan investasi per bulan cukup Rp100rb. Lumayan ‘kan!

Fasilitasnya apa aja?
Yang pasti, pelatihnya adalah Master Gatut Swardana (Mas Dana), seorang guru besar Shaolin yg juga ahli teknik wing chun. Sangat qualified! Tentu juga dibantu oleh asistennya. Di samping itu, kami juga memiliki patung kayu (wooden dummy) untuk melatih reflek dan penguatan otot. Saat ini, kami sedang membuat buklet panduan wingchun.

Syaratnya ada gak?
Usia minimal 14 taon atau SMP kelas 1. Untuk usia di bawah itu, Mas Dana yang akan memberikan kebijakan jika calon siswa menghadap langsung bersama orang tua/walinya.

BTW, aliran wingchunnya apa?
Begitu banyak aliran wingchun: Yip Man, Yiu Kai, Jiu Wan, Koo Lo, Pan Nam, Yuen Kay-San, dll. Aliran kami adalah aliran tradisionalnya, yaitu wingchun-shaolin. Jadi, teknik wingchun yang masih asli dari Shaolin.

Pelatihnya galak gak?
Eits hampir lupa…kami di sini juga lebih menekankan pada komunitas, bukan sebuah perguruan beladiri yg dibangun atas hubungan formal antara pelatih dan murid serta didasari oleh keuntungan material semata-mata, plus semua aturan-aturan disiplin dan etika perguruan yang sangat kaku. Semua, baik pelatih dan murid, adalah saudara! Jadi, murid benar-benar dibimbing dengan sabar dan penuh motivasi.

Kami butuhnya yang benar-benar aplikatif, buat keamanan bok! Cocok gak?
Beladiri wingchun sangat aplikatif dan cocok untuk keamanan. Bagaimana mengatasi penodongan di bis kota yang sesak dengan penumpang? Bagaimana jika dikeroyok sekelompok preman karena menolong orang kecopetan? Semua teknik-tekniknya dikupas abiiz sampai ke akar-akarnya! Tak hanya teknik, fisik pun juga digembleng, sehingga kita benar-benar siap tempur jika menghadapi situasi yang mengancam nyawa kita atau orang yang kita sayangi.

WOW, KEREN! GUE BANGET TUCH BELADIRI! Gabunk donkz…!!!
Bener-bener berminat nih gabung dengan Wingchun Naga Putih? Silakan hubungi Sdr. Dwi Satya di 0818-0820-4388 untuk info lebih lanjut. Untuk soal materi latihan dan subtansi wingchun, silakan langsung hubungi Master Dana di 0859-2120-2446.

Ditunggu ya…!
Application of Wing Chun